Kita SAUDARA

Manusia Indonesia memang tercipta berkelompok. Saking berkelompoknya, sampai sampai berteman juga harus sama dalam segalanya. GILA 

Fenomena yang terjadi di Indonesia baru baru ini adalah BERBEDA PENDAPAT, BERBEDA PILIHAN! 

Hmmm, apasih sebenarnya pendapat itu? 
Pendapat yaitu , sanggahan atau perbedaan pikiran antara dua orang atau lebih saat sedang berdiskusi yang disertai dengan alasan yang jelas. (brainly.co.id)

Sumber: Google

Berbeda pendapat adalah hal biasa, karena pendapat itu kaitannya dengan hal hal personal. Semuanya berkaitan dengan preferensi satu dengan lainnya yang jika digabungkan akan menjadi sebuah pendapat pribadi. Pendapat berbeda?

JELAS WAJAR. 
Kenapa wajar? Ya karena pendapat memang kaitannya dengan diri kita masing masing. Kaitannya dengan kepribadian, kaitannya dengan hubungan, kaitannya juga dengan pendidikan, dll. Akan ada banyak hal yang mempengaruhi pendapat dan itu wajar. Tidak ada satupun manusia yang peduli jika aku menyukai warna putih dan pink. Tapi hal itu bukan berarti warna lain jelek menurutku. Aku juga masih memakai baju warna hitam, biru, orange. Juga tidak berarti aku bermusuhan dengan penyuka warna hitam hanya karena yang LEBIH menyukai putih. Tau kan maksudku? 

Oke, kalau masih belum paham. 
Aku menyukai berenang, tapi aku berteman dengan pecinta voli. Walaupun aku tidak menyukai dan memainkan permainan voli, bukan artinya aku mengatakan bahwa “main voli itu tidak sehat” kan? Aku tetap masih mendukung temanku ketika bermain voli. Nah, disitu dia masalahnya “BAPER”. Hahaha, Terlalu berlebihan agaknya kalau dikatakan baper, tapi masih belum berhasil menemukan kosakata lain selain itu. Monmaap. 

Nah, masalah di Indonesia adalah si BAPER ini bukan Cuma baper saja tapi juga sampai melakukan tindakan permusuhan hanya karena baper. Bukan mengerdilkan, tapi please open your mind. 
SEGALA SESUATU TIDAK HARUS SAMA.
BERBEDA ITU BIASA.
Perbedaan itu seharusnya diterima dengan lapang dada dan lapang hati. Berbeda bukan berarti dilarang untuk menyampaikan pendapat. Menyampaikan perbedaan bukan juga berarti menabuh genderang permusuhan. Segala perbedaan pemikiran, pendapat, pilihan pemimpin, dll dalam hidup ini itu sudah biasa. Bahkan akupun sedang berlatih untuk menerima preferensi lain sebagai sesuatu hal yang memang semestinya dipelajari. Pendapat yang berbeda seharusnya didalami, alasannya, kebutuhannya, keinginannya, preferensinya, dan semua hal yang berkaitan dengan perbedaan itu. Kenapa perlu? Agar kita memandang hidup dengan lebih luas dan lebih bahagia. Bahwa Pelangi Indah karena ada 7 warna disana. Haripun indah karena ada siang dan malam. 
BERBEDA BUKAN ARTINYA SALAH
BERBEDA HANYA SEKEDAR TIDAK SAMA
BUKAN BERARTI TIDAK BENAR
Perbedaan pendapat bukan berarti memaksakan yang lain untuk menjadi sama seperti aku. Tapi silahkan menjadi kamu, dan aku masih menjadi aku. Selebihnya jika ingin berubah pendapat karena merasa preferensi pendapat yang lain lebih baik, ya monggo dipersilahkan. Tidak masalah, semuanya wajar wajar saja. Karena pendapat memang sebuah hal personal yang tidak bisa dipatenkan hanya menjadi satu pendapat saja.
Berbeda pendapat
Berbeda Pilihan
Kita tetap saudara

Uswatun Khasanah Katasmir
Edited by Putry AMR

Post a Comment

1 Comments

  1. Setuju banget mba, suka terhadap sesuatu seharusnya tidak membuat kita membenci yang lainnya. Tetapi masih saja ada oknum-oknum di negeri ini yang bertindak sebaliknya, bahkan berhasil menyeret beberapa orang lainnya untuk ikut menebar kebencian, sungguh miris.

    ReplyDelete